.

Pengertian Alat Pemuas Kebutuhan Serta Ciri Dan Jenisnya

Pengertian Alat Pemuas Kebutuhan Serta Ciri Dan Jenisnya. Setiap manusia pasti memiliki kebutuhan. Yang mana Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang diperlukan oleh manusia dalam kehidupannya. Dalam memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas manusia memerlukan benda pemuas kebutuhan. Berikut adalah Penjelasan Seputar Pengertian Alat Pemuas Kebutuhan Manusia, Ciri-ciri Alat Pemuas Kebutuhan serja Jenis-Jenis dan Kegunaannya.

Definisi Alat Pemuas Kebutuhan

Alat Pemuas kebutuhan adalah segala sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan manusia berupa barang dan jasa.
  1. Barang adalah alat pemuas kebutuhan yang berwujud, dapat dilihat dan di raba oleh indera kita. Contoh : buku pelajaran, tas sekolah, baju, sepatu, perumahan, dan kendaraan.
  2. Jasa adalah alat pemuas kebutuhan yang tidak berwujud (abstrak) , tapi dapat dirasakan manfaatnya sebagai alat pemuas kebutuhan. Contoh : jasa guru, jasa pengacara, jasa hakim, jasa dokter, jasa perawat, jasa tukang becak, jasa tukang ojek, dan jasa taksi.

Ciri-Ciri Alat Pemuas Kebutuhan

Ciri-ciri jasa :
  1. Tidak berwujud
  2. Berubah-ubah tergantung lingkungan
  3. Tidak dapat dipisahkan
  4. Tidak dapat dipindahkan
Ciri-ciri Barang
  1. Berwujud
  2. Memiliki nilai guna yang tinggi

Jenis-Jenis Alat Pemuas Kebutuhan

Jenis barang menurut cara memperoleh
  1. Barang bebas, adalah barang yang tersedia dalam jumlah yang banyak. Untuk memperoleh tidak perlu pengorbanan, karena sudah tersedia di alam. Contohnya udara yang kita hirup setiap hari.
  2. Barang ekonomi, adalah barang yang untuk memperolehnya memerlukan pengorbanan berupa uang. Misalnya, untuk memperoleh buku harus membeli kesanggupan kita mengeluarkan uang adalah pengorbanan.

Barang menurut cara pemakaian
  1. Barang komplementer; adalah barang pemuas kebutuhan yang akan bermanfaat jika di gunakan bersama-sama dengan barang lain. Contoh: sepeda motor dan mobil tidak bisa jalan jika tidak ada bahan bakarnya.
  2. Barang substitusi, adalah barang pemuas kebutuhan yang pemakaiannya dapat menggantikan barang lain atau saling menggantikan. Misalnya, jika sabun cuci harganya mahal, dapat diganti sabun cuci krim.

Menurut cara pengerjaannya
  1. Barang mentah; adalah barang yang belum mengalami proses produksi. Contohnya: batu bara, timah, kapas, tebu, teh dan yang lainnya.
  2. Barang setengah jadi; adalah barang hasil pengolahan bahan mentah tetapi belum merupakan produk akhir dan masih akan di olah lagi. Contohnya: benang yang akan dijadikan kain, kain yang akan di jadikan baju.
  3. Barang jadi; adalah barang yang siap pakai atau digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contohnya baju dan sepatu.

Menurut bentuknya
  1. Barang tetap adalah barang yang secara wujud fisik tetap bentuknya dan tidak bergerak atau berpindah tempat. dapat digunakan sebagai jaminan kredit jangka panjang di bank.
  2. Barang bergerak atau tidak tetap, adalah barang yang secara wujud fisik tetap bentuknya tetapi dapat berpindah tempat. dapat digunakan sebagai jaminan pendek di bank atau pegadaian. Contoh: sepeda motor, perhiasan.

Kegunaan Alat Pemuas Kebutuhan

  1. Kegunaan Dasar (Element Utility). Barang berguna karena mengandung suatu zat. Misalnya, beras sebagai bahan baku membuat nasi.
  2. Kegunaan Waktu (Time Utility). Barang memiliki kegunaan karena di pakai pada saat yang tepat. Misalnya, payung akan berguna jika dipakai pada musim penghujan.
  3. Kegunaan Tempat (Place Utility). Barang berguna karena berubah tempat. Misalnya, padi di sawah akan berguna jika telah berada di tempat penggilingan.
  4. Kegunaan Bentuk (Form Utility). Barang akan memiliki kegunaan jika telah berubah bentuk. Misalnya, kayu gelendongan akan lebih berguna jika telah berubah menjadi meja, kursi, lemari, dan lainnya.
  5. Kegunaan Pelayanan. Barang akan berguna karena adanya jasa pelayanan. Misalnya, televisi berguna jika ada siaran.
  6. Kegunaan Hak Milik (Ownership Utility). Barang akan berguna karena telah berpindah atau berubah dalam kepemilikannya. Misalnya, buku yang ada di toko buku akan berguna jika telah di beli dan dimiiki oleh pelajar.
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Alat Pemuas Kebutuhan Serta Ciri Dan Jenisnya Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Pengertian Alat Pemuas Kebutuhan Serta Ciri Dan Jenisnya"