.

Seputar Pengertian Diplomasi Serta Teori Dan Bentuknya

Seputar Pengertian Diplomasi Serta Teori Dan Bentuknya. Istilah diplomacy diperkenalkan ke dalam bahasa Inggris oleh Edward Burke pada tahun 1796 berdasarkan sebuah kata dari bahasa Perancis yaitu diplomatie. Kata diplomasi sendiri biasanya langsung terkait dengan diplomasi internasional yang biasanya mengurus berbagai hal seperti budaya, ekonomi, dan perdagangan. Biasanya, orang menganggap diplomasi sebagai cara mendapatkan keuntungan dengan kata-kata yang halus.

Seputar Pengertian Diplomasi Serta Teori Dan Bentuknya


Definisi Diplomasi

Dikutip Dari Wikipedia. Pengertian Diplomasi adalah seni dan praktik bernegosiasi oleh seseorang diplomat yang biasanya mewakili sebuah negara atau organisasi.

Menurut Sumaryo Suryokusumo, pengertian diplomasi adalah kegiatan politik dan merupakan bagian dari kegiatan internasional yang saling berpengaruh dan kompleks, dengan melibatkan pemerintah dan organisasi internasional untuk mencapai tujuan-tujuannya.

Menurut Harold Nicolson, diplomasi itu adalah:
  1. The management of internal relation by means negotiation
  2. Skill or address in the conduct of international intercourse and negotiations.
  3. The method by which these relations are adjusted and managed by ambassadors and envoys
  4. The bussines of art of the diplomatic

Secara Umum Pengertian diplomasi yang sangat erat dihubungkan dengan hubungan antar Negara, adalah seni mengedepankan kepentingan suatu Negara melalui negosiasi dengan cara-cara damai apabila mungkin, dalam berhubungan dengan Negara lain.

Teori Dalam Diplomasi

Dalam diplomasi ini terdapat dua teori yang dikembangkan oleh Nicholson yaitu
  1. Teori warrior menggambarkan politik kekuatan, sangat memperhatikan prestise nasional dan status negara itu untuk mencapai kemenangan.
  2. Sedangkan teori shop keeper (merchantile) lebih mengedepankan negosiasi yang bersifat menguntungkan secara politis dan bersifat memuaskan dengan cara konsiliasi dan kompromi.
Dalam Teori ini menganggap diplomasi sebagai usaha untuk menciptakan hubungan atau kontak langsung secara bersahabat yang saling pengertian melalui konsensi timbal balik.

Bentuk Diplomasi

Ada beberapa bentuk diplomasi, empat diantaranya ialah
  1. Diplomasi pribadi (personal diplomacy by foreign secretary), Diplomasi pribadi biasanya dilakukan oleh seorang menteri luar negeri, sehigga terkesan mengurangi efektivitas kerja seorang duta besar.
  2. Diplomasi tingkat tinggi (summit diplomacy), Diplomasi tingkat tinggi berarti diplomasi yang dilakukan oleh kepala-kepala negara atau kepala-kepala pemerintahan. Diplomasi bentuk ini hanya akan terjadi jika ada kebutuhan yang bersifat basic.
  3. Diplomasi konferensi (conference diplomacy), Diplomasi konferensi merupakan diplomasi yang terjadi dalam forum-forum multilateral. Alasan dipakainya diplomasi konferensi ini ialah karena banyaknya masalah-masalah yang dihadapi negara-negara di dunia serta keinginan negara-negara baru dan kecil untuk berpartisipasi secara global dan saling ketergantungan antar negara.
  4. Diplomasi parlementer (parliamentary diplomacy). Diplomasi ini Merupakan aktivitas internasional menyeluruh yang dilakukan oleh anggota parlemen dalam rangka meningkatkan saling pengertian antar negara-negara, untuk saling membantu dalam memperbaiki pengawasan terhadap pemerintah dan keterwakilan rakyat dalam meningkatkan legitimasi demokrasi antar institusi pemerintahan.
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Seputar Pengertian Diplomasi Serta Teori Dan Bentuknya Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Seputar Pengertian Diplomasi Serta Teori Dan Bentuknya"