.

Pengertian EL NINO Serta Proses Terjadinya

Pengertian EL NINO Serta Proses Terjadinya. Berdasarkan sejarahnya Elnino merupakan sebuah fenomena yang pada saat itu diamati oleh penduduk atau nelayan di negara peru dan ekuador yang berada disekitar pantai samudera pasifik bagian timur ketika menjelang hari natal atau tepatnya bulan desember.

Definisi EL NINO

Pengertian EL NINO adalah Merupakan Fenomena dimana meningkatnya suhu permukaan laut yang biasanya dingin. akibtanya perairan yang tadinya subur dan kaya akan ikan menjadi sebaliknya. Pemberian nama El-Nino pada fenomena ini diakibatkan oleh karena kejadian ini seringkali terjadi pada bulan Desember. El-Nino sendiri dapat diartikan sebagai anak lelaki yang berasal dari bahasa spanyol. Karena lautan dan atmosfer adalah dua sistem yang saling terhubung maka penyimpangan kondisi laut ini menyebabkan penyimpangan pada kondisi atmosfer yang pada akhirmya berakibat pada terjadinya penyimpangan iklim. Yang mana para ahli menemukan bahwa selain fenomena menghangatnya suhu permukaan laut, terjadi pula fenomena sebaliknya yaitu mendinginnya suhu permukaan laut akibat menguatnya upwelling. Kebalikan dari fenomena ini selanjutnya diberi nama La-Nina (juga bahasa Spanyol) yang berarti anak perempuan dimana Fenomena ini memiliki periode 2-7 tahun.

Proses Terjadinya EL NINO

Feonmena El Nino terjadi apabila perairan yang lebih panas di Pasifik tengah dan timur meningkatkan suhu dan kelembaban pada atmosfer yang berada di atasnya. Kejadian ini mendorong terjadinya pembentukan awan yang akan meningkatkan curah hujan di sekitar kawasan tersebut. Bagian barat Samudra Pasifik tekanan udara meningkat sehingga menyebabkan terhambatnya pertumbuhan awan.

Pemahaman tentang dinamika El Nino bermula dari kesadaran bahwa fenomena tersebut terkait dengan instabilitas terkopel antara lautan Pasifik tropis dengan system atmosfir. Counterpart atmosfirnya, atau yang dikenal dengan Southern Oscillation ditandai dengan perbedaan tekanan permukaan laut antara lautan Pasifik bagian Barat dengan lautan Pasifik bagian Timur. Siklus El Nino – Southern Os cillation terdiri atas dua elemen. 

System umpan balik positif antara angin zonal sebagai akibat dari adanya gradient tekanan permukaan, dan gradient temperature muka laut di katulistiwa yang juga dikontrol oleh angin yang mengakibatkan upwellling dan fluktuasi dari termoklin. 

Dinamika laut di katulistiwa, khususnya gelombang equatorial Kelvin dan Rossby non dispersif, yang memberikan elemen out of phase, sehingga system berosilasi antara fase panas (El Nino) dan fase dinginnya (La Nina). Sistem terkopel ini menjadi esensi dari banyak model deskripsi ENSO. 

Sumber :
http://distanakpacitan.org/
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian EL NINO Serta Proses Terjadinya Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Pengertian EL NINO Serta Proses Terjadinya"