.

Pengertian Dan Manfaat Ilmu Ekonomi

Pengertian Ilmu ekonomi. Ilmu Ekonomi sangat berpengaruh pada kegiatan sehari–hari serta mempengaruhi masyarakat (konsumen dan produsen) yang berperan penting dalam kebijakan publik pada  level lokal ,  provinsi ,  nasional dan  internasional mempengaruhi keputusan pemilih. Nah oelh karena itu kita harus lebih mengetahui apa itu Ilmu Ekonomi.

Baca Juga Seputar Pengertian Ekonomi

Pengertian Dan Manfaat Ilmu Ekonomi

Definisi Ilmu Ekonomi

  1. Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Permasalahan tersebut kemudian menyebabkan timbulnya kelangkaan (Ingg: scarcity).
  2. Menurut Prof . Paul . A . Samuelson Ilmu Ekonomi merupakan  suatu studi mengenai individu -individu dan masyarakat yang membuat pilihan, dengan atau tanpa menggunakan uang, dengan menggunakan sumberdaya terbatas – tetapi dapat digunakan dalam berbagaicara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa serta mendistribusikannya untuk kebutuhan konsumsi, sekarang dan di masa datang, kepada berbagai individu dan golongan masyarakat.
  3. Menurut Sadono Sukirno  “Ilmu Ekonomi menganalisa biaya dan  keuntungan dan memperbaiki corak penggunaan sumber.
  4. Menurut Mankiw  “studi tentang bagaimana masyarakat mengelola sumber daya yang selalu terbatas dan langka”.

Mengapa Ilmu ekonomi harus Dipelajari sebab Keinginan manusia banyak ragamnya, dan selalu bertambah terus tidak ada habisnya. Sumber daya alam jumlahnya terbatas atau langka serta  Sumber   daya   alam  sebagian   besar tidak   bisa   digunakan   secara   langsung,  harus diolah, diubah bentuk, jumlah, dipindahkan.

Baca Juga Seputar Pengertian Sistem Ekonomi 

Manfaat Mempelajari Ilmu Ekonomi

  1. Membantu memahami wujud perilaku ekonomi dalam dunia nyata secara lebih baik
  2. Mengetahui lebih baik daripada tidak mengetahui
  3. Membuat yang mempelajarinya lebih mahir atau lihai dalam perekonomian
  4. Bersedia, waspada dan berjaga lebih baik dan aman daripada tidak sama sekali
  5. Memberikan pemahaman atas potensi dan keterbatasan kebijakan ekonomi
  6. Mengetahui membuat lebih bijak daripada tidak
Penggolongan Ilmu Ekonomi
  1. Ilmu ekonomi mikro
  2. Ilmu ekonomi makro

Dikutip dari berbagai sumber
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Pengertian Dan Manfaat Ilmu Ekonomi Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

2 Responses to "Pengertian Dan Manfaat Ilmu Ekonomi"

  1. artikelnya bagus kak
    jangan lupa mampir di saya http://indonugraha.blogspot.co.id/

    ReplyDelete