Widget HTML #1

Seputar Pengertian Ngabuburit

Seputar Pengertian Ngabuburit adalah merupakan istilah yang berasal asli dari bahasa Sunda, yaitu burit yang berarti waktu menjelang sore hari. Jadi ngabuburit yang biasa identik dengan bulan Ramadhan ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang ketika menunggu atau menghabiskan waktu hingga menjelang waktu Adzan Maghrib datang, atau biasa disebut menunggu waktu berbuka puasa. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan ketika ngabuburit seperti jalan-jalan, mengaji bersama di mesjid, dan lain-lainnya.

Anak-anak muda sekarang melakukan ngabuburit dengan cara jalan-jalan bersama teman-temannya dan mampir di tempat keramaian. Pada jaman dulu, anak-anak melakukan ngabuburit dengan cara pergi ke Mesjid secara beramai-ramai untuk melaksanakan sholat maghrib berjama’ah.

Seputar Pengertian Ngabuburit

Masyarakat di Indonesia sudah mengikuti perkembangn zaman, terutama anak-anak muda, Maka tidak heran pada saat menunggu buka puasa mereka selalu melakukan kegiatan ngabuburit, dengan pergi ke mal-mal atau berjalan-jalan soreh.

Secara tidak langsung para anak-anak muda merasa ngabuburit itu adalah bagian penting saat puasa yaitu menunggu buka puasa (ngabuburit puasa) sehingga mereka menghabiskan waktu dengan sia-sia (atau malah melakukan dosa tanpa terasa). Padahal Islam tak pernah mengajarkan menunggu buka puasa dengan bersenang-senang, berduaan, jalan-jalan, dan menyia-nyiakan waktu. Alangkah baiknya jika menunggu berbuka puasa dengan kegiatan yang dapat menambah pahala.

Alangkah baiknya umat muslim dalam menunggu waktu berbuka puasa dengan cara berdiam diri di dalam rumah masing-masing. Dengan mendengarkan ceramah agama, berzikir, membaca Al-Qur’an, dan membagi makanan (sedekah) untuk buka puasa kepada tetangga atau kerabat dekat,bukan hanya menahan lapar saja.