.

Seputar Pengertian ELT (Emergency Locator Transmitter)

Seputar Pengertian ELT (Emergency Locator Transmitter) adalah suatu perangkat suar penentu lokasi untuk pesawat.  ELT merupakan bagian standar dari peralatan darurat pada pesawat, perahu dan bahkan penggunaan pribadi. ELT merupakan perangkat yang digunakan untuk mencari dan menyelamatkan korban kecelakaan pada transportasi udara, laut dan darat.  ELT Berfungsi sebagai pemancar sinyal radio agar lokasinya atau tempat keberadaannya dapat diketahui.

Emergency Locator Transmitter (ELT) adalah alat pemancar yang menggunakan baterai sebagai sumber tenaganya yang harus terinstall terlebih dahulu pada pesawat sebelum pesawat tersebut didaftarkan dan diijinkan untuk beroperasi. ELT didesain agar bisa memancarkan sinyal radio audible pada berbagai frekuensi radio ketika ada sejumlah gaya tertentu yang dialami oleh pesawat, misalnya gaya gravitasi pada besaran tertentu akibat keadaan yang dialami pesawat. Tidak hanya gaya tertentu, muatan baterai yang rendah dan fenomena lainnya juga bisa mengaktivasi ELT untuk memancarkan sinyalnya. Pemancar ELT akan mendeteksi gaya apapun yang tidak biasa yang umumnya akan diasosiasikan pada terjadinya benturan pada badan pesawat.
Seputar Pengertian ELT (Emergency Locator Transmitter)
Apabila Emergency Locator Transmitter (ELT) sudah teraktivasi, maka selanjutnya sinyal akan terus dipancarkan pada frekuensi 121.5 MHz atau 406 MHz yang kemudian akan dimonitor melalui system satelit COSPAS-SARSAT. Jika pemancar ELT dirawat dengan baik, maka alat tersebut mampu memancarkan sinyal selama 48 jam pada suhu minus 20 derajat Celcius. Saat ELT mulai memancarkan sinyal, maka satelit akan langsung menangkapnya dalam hitungan menit dan lokasi pun terdeteksi.

Apabila Emergency Locator Transmitter (ELT) tidak tertangkap oleh radar, ada kemungkinan alat pemancar sinyal ELT mengalami kerusakan bersamaan dengan kejadian atau antenanya patah. Atau bisa juga, sebenarnya ELT telah teraktivasi, namun karena pesawat tenggelam dengan sangat cepat (kurang dari 50 detik), maka alat ELT tidak dapat bekerja dengan baik. Menurut para pakar, sinyal ELT tidak bisa dipancarkan jika alat sudah terendam oleh air.

Seiring dengan perkembangan teknologi, ELT sekarang dapat digunakan oleh perorangan.
Artikel Pada Blog ini kami kutip dari berbagai sumber. Semoga Artikel Tentang Seputar Pengertian ELT (Emergency Locator Transmitter) Dapat Bermanfaat Dan Apabila artikel ini berguna untuk anda silahkan copy paste dengan menyertakan Sumbernya. Kami Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada Kesalahan Dan Kekurangan Pada penulisan Artikel ini. Terima kasih atas perhatiannya.
....

0 Response to "Seputar Pengertian ELT (Emergency Locator Transmitter)"